AD (728x90)

Wednesday, 3 January 2018

Prediksi Trend Ngopi Tahun ini, Ketahui Sebelum Terjun di Bisnis Kopi

Industri kopi seakan tak pernah berhenti berinovasi. Penemuan berbagai teknologi dan metode seduh menyebabkan para pecinta kopi memiliki banyak pilihan dan tantangan pengalaman baru dalam menikmati kopi. Lantas, trend apa yang akan mewarnai industri kopi tahun 2018 ini?

Dikutip dari national coffee blog, tahun ini akan terjadi pergeseran yang signifikan dalam kultur para penikmat kopi. Jika kemarin penikmat kopi masih memikirkan harga dibanding tantangan pengalaman baru dalam ritual minum kopinya, tahun ini diprediksi harga tidak begitu menjadi masalah. Yang terpenting adalah bagaimana sensasi pengalaman yang bisa didapatkan.

Nah berkaca pada prediksi tersebut, maka beberapa hal berikut ini perlu menjadi perhatian jika Anda ingin terjun ke bisnis kopi.

1.Kopi Siap Minum (Ready to Drink). Di tengah kesibukannya, para penikmat kopi pasti tetap tak ingin lepas dari kopi. Karena itu, kopi yang langsung bisa diminum atau yang sering disebut ready to drink (RTD) bisa memberikan solusi. Salah satu metode seduh yang bisa menghasilkan kopi RTD adalah metode seduh dingin atau coldbrew dalam kemasan botol.

Menawarkan coldbrew dengan aneka biji pilihan yang memiliki keunikan karakter rasa akan memberikan kepuasan kepada penikmat kopi. Dan yang paling penting mereka bisa ngopi sambil terus kerja.

2.Berinovasi dan berimprovisasi dengan kemasan. Di era media sosial (medsos) seperti sekarang ini, kamera sudah ada di hampir setiap genggaman orang. Yup, kamera ponselmenyebabkan tingkat berbagi gambar pada laman-laman medsos meningkat tajam. Hal inibisa dimanfaatkan sebagai sarana beriklan gratis. Jika orang tertarik dengan kemasan produk kita, maka kemungkinan besar mereka akan memoto dan membagikan di laman medsos mereka. Otomatis informasi tentang produk Anda pun semakin cepat tersebar.

3.Manjakan dengan sarana antar alamat. Kemudahan akses teknologi komunikasi kadang membuat orang menjadi mager (malas gerak), terutama untuk memenuhi kebutuhan kuliner mereka. Tak heran banyak produsen-produsen makanan/minuman yang menyediakan jasa pengiriman antar alamat. Jika anda memiliki produk kopi RTD, maka Anda juga harus memiliki fasilitas yang bisa memanjakan konsumen. Mereka hanya perlu menghubungi Anda, dan kemudian menunggu produk sampai di depan pintu rumah.

4.Berinteraksi dengan konsumen. Coba posisikan diri Anda sebagai konsumen. Ketika Anda membutuhkan informasi tentang produk, mungkin Anda akan mencari pada kemasan. Dengan keunikan desain kemasan produk, maka informasi yang dijejalkan pun sangat terbatas. Karena itu Anda perlu membuka jalur komunikasi dan interaksi dengan konsumen. Media sosial pun menjadi sarana yang baik untuk membuka jalur itu. Posisikan akun usaha atau produk Anda layaknya sebuah akun personal yang bisa bercerita, memberikan informasi hingga menerima masukan atau keluh kesah dari konsumen. Jadikan mereka sebagai teman yang juga bisa diajak bercanda. Dengan demikian, akan tercipta hubungan emosional yang baik antara produsen dengan konsumen.

Bagaimana? Sudah siap untuk terjun ke Industri kopi?

Written by

Kami adalah Pecinta dan Penikmat Kopi Nusantara. Adventure in life is good; consistency in coffee even better.

 

© 2017 Kopi Curah. All rights resevered.